Hiiii….
Pertama-tama saya ingin mengucapkan salam perkenalan buat anda yang saat ini kebetulan singgah di Blog zwingCAD ini. Konten Blog ini sebagian besar akan membahas tutorial bagaimana menggambar desain engineering dengan beberapa jenis software CAD diantaranya: Autocad, Solidworks, Autodesk Inventor dan lain-lain.

Tutorial ini akan disajikan dalam bentuk video intetaktif yang saya buat dan saya tautkan di chanel youtube design engineer.
Namun sebelum melangkah lebih jauh lagi,ada baiknya jika kita mengerti dan memahami terlebih dahulu apa sih CAD itu?

Computer Aided Design (CAD) adalah bidang keilmuan teknik yang berkaitan dengan perancangan desain objek dan material melalui penggunaan perangkat lunak khusus yang memvisualisasikan desain ke dalam model komputer tiga Dimensi.

Perangkat lunak Computer Aided Design (CAD) digunakan untuk membuat model 3D lengkap dengan dokumentasi terperinci seperti dimensi, bahan yang digunakan dan bahkan detail proses perancangannya. Jadi dengan software CAD, kita tidak perlu lagi menggambar di atas kertas gambar yang akan menyita banyak waktu. Jadi dengan CAD mendesain akan jauh lebih mudah.

Nah,jadi kalau begitu software CAD itu apa-apa saja?.

Software CAD yang tersedia dipasaran saat ini banyak dan bermacam-macam, mulai dari yang free sampai yang berlisensi. Beberapa diantaranya yang mungkin sudah tidak asing lagi, yakni :

1. AutocadLT

2. Autodesk Inventor

3. Solidworks

4. Catia

5.3dMax

6. Rhino3D

7. Sketchup

8. Dan masih buanyaaaaaak Lagi…